Jumat, 19 Juni 2009

Perangkat Lunak ( Software )

Perangkat Lunak (software) atau program adalah daftar instruksi yang memerintahkan komputer untuk menerima input, memproses input, mengeluarkan output dan penyimpanan. Berdasarkan pembagian fungsi alam mengontrol komputer dan memberikan layanan pada pemakai, perangkat lunak dibagi menjadi 2 kelompok yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem adalah program yang dipergunakan untuk mengontrol kinerja komputer, sedangkan perangkat lunak aplikasi dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan pemakai. Program juga dapat dibedakan berdasarkan lingkungan kerjanya dimana program itu berjalan. Berdasarkan lingkungan kerjanya program dibagi menjadi 2 yaitu dekstop dan web-based. Program dekstop adalah program dimana input, proses, output dan penyimpanan berjalan di komputer tertentu sedangkan program web-based adalah program dimana input dan output berjalan pada komputer pengguna melalui program browser sedangkan proses dan penyimpanan berjalan di web-server.
Program juga dapat dibedakan berdasarkan tampilan input dan output. Berdasarkan tampilan program dibedakan menjadi Command-line Interface dan Graphical User Interface (GUI).

2. Klasifikasi
a. Berdasarkan Fungsi Dalam Sistem Komputer
1. Perangkat Lunak Sistem
a. Firmware
Firmware adalah program yang tersimpan di perangkat keras dan diisi bersamaan dengan dibuatnya perangkat keras tersebut. Contoh firmware adalah BIOS dan program pada telepon genggam. Firmware tidak mudah diinstal oleh pengguna.
b. Sistem Operasi
Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem pada komputer yang bertugas:
1. Melakukan koordinasi berbagai perangkat keras untuk bekerja.
2. Memberikan dukungan bagi perangkat lunak aplikasi untuk bekerja.
3. Menyediakan program-program utilitas untuk meningkatkan kinerja komputer.
Tujuan dikembangkannya sistem operasi adalah untuk pembagian tugas, dimana pembuat program aplikasi tidak perlu bersusah payah mengurus perangkat keras karena sudah disediakan oleh sistem operasi. Sebagai contoh, ketika pengguna akan mencetak dokumen Microsoft Word pengguna tidak perlu menginstal printer dari Microsoft Word, pengguna hanya perlu memakai printer. Sistem operasi Windows yang melakukan proses instalasi printer dan konfigurasinya. Program aplikasi tidak bisa berjalan jika tidak ada sistem operasi. Pengguna tidak mungkin bisa menginstal Microsoft Word jika belum menginstal Sistem Operasi Windows. Struktur bisa dilihat pada Gambar di bawah.


1. Definisi dan Konsep

Sistem Operasi yang beredar saat ini yang terkenal adalah Windows XP dan Linux. Dilihat dari cara mendapatkan sistem operasi tersebut Windows XP merupakan software komersial sedangkan Linux adalah software OpenSource. Contoh tampilan Linux bisa dilihat pada Gambar di bawah.



c. Utilitas
Utilitas adalah program-program yang dipergunakan untuk mengelola sumber daya sistem komputer. Kebanyakan program utilitas diinstal bersama dengan sistem operasinya Pada Windows XP program utilitas adalah ScanDisk, Disk Cleanup, Disk Defragmenter dan Compressor (Kompresi).
Program utilitas lain di luar Windows adalah Anti Virus dan Deep Freeze. Anti Virus dipergunakan untuk memeriksa apakah sebuah file tertentu adalah virus atau tidak, jika file tersebut adalah file bervirus maka anti virus akan menghapus atau memperbaikinya. Contoh Anti Virus adalah Anti Virus Grisoft (AVG), Norton Anti Virus (NAV) dan McAfee.
Deep Freeze adalah program yang dipergunakan untuk melindungi sebuah drive tertentu pada hardisk agar tidak dapat diubahubah. Tampilan AVG Free bisa dilihat pada Gambar di bawah




d. Device Driver
Device Driver adalah program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan perangkat keras misal printer. Device Driver dibuat oleh perusahaan yang membuat perangkat keras tersebut, karena merekalah yang mengetahui isi dari perangkat keras ersebut.
e. Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman adalah program yang dipergunakan untuk membuat program.Penggunaan kata ”bahasa” disini karena program ini dipergunakan untuk enjembatani manusia dengan komputer. Manusia bisa memerintahkan komputer bekerja karena manusia ”mengucapkan” perintah dengan bahasa yang dipahami komputer. Manusia menuliskan instruksi dengan bahasa yang dipahami komputer (kode sumber), dan program bahasa pemrograman akan membuat instruksi-instruksi tersebut menjadi program sesuai dengan keinginan pembuat program.

Berdasarkan lingkungan kerja dari program yang akan dibuat bahasa pemrograman dibagi menjadi 2 kelompok yaitu:
1. Desktop
Program yang dibuat akan menerima input, memproses, mengeluarkan output dan menyimpan data pada satu sistem komputer. Bahasa pemrograman desktop antara
lain C, Pascal, Delphi, Java dan lain-lain.
2. Web Based
Program yang dibuat akan menerima input dan mengeluarkan output pada satu sistem komputer klien sedangkan proses dan penyimpanan dilakukan pada komputer yang lain yang disebut sebagai Web Server. Program yang dibuat akan disimpan di Web Server dan
diakses oleh klien dengan bantuan program bernama Browser misal Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Bahasa pemrograman Web Based antara lain HTML dan PHP.
Gambar contoh bahasa pemrograman bisa dilihat pada gambar di bawah.



2. Perangkat Lunak Aplikasi
a. Berdasarkan Kegunaan untuk Pemakai
1. Perkantoran
Contoh aplikasi perkantoran adalah Microsoft Office dan OpenOffice. Microsoft office memiliki banyak aplikasi yaitu Word untuk pengolah kata, Excel pengolah data, PowerPoint untuk presentasi dan Project untuk mengelola sebuah proyek.
2. Hiburan
Contoh aplikasi hiburan adalah Winamp, Windows Media Player dan Xing MPEG. Winamp dipergunakan mendengarkan musik. Windows Media Player dan Xing MPEG dipergunakan menonton film.
3. Komunikasi
Contoh program komunikasi adalah Yahoo!Messenger (YM) dan Microsoft Outlook. YM dipergunakan untuk chatting dengan sesama pengguna YM. Microsoft Outlook dipergunakan untuk membaca dan mengirimkan email.

b. Berdasarkan Lingkungan Kerja
1. Desktop
Program yang dibuat akan menerima input, memproses, mengeluarkan output dan menyimpan data pada satu sistem komputer. Berdasarkan hubungan antar program, program Desktop dibagi menjadi yaitu:
a. Stand Alone
Program yang tidak membutuhkan program yang lain untuk bekerja. Misal Microsoft Word.
b. Client-Server
Program yang membutuhkan program yang lain untuk bekerja. Client-Server berarti ada 2 program yang berjalan yaitu Client dan Server. Misal Mozilla Firefox adalah program client, sedangkan Web Server adalah program server. Untuk membuka halaman web, Client (Browser) akan menghubungi (Request) Web Server, kemudian Web Server akan memberikan (Response) halaman web dan dibuka oleh Browser.
2. Web Based
Program yang dibuat akan menerima input dan mengeluarkan output pada satu sistem komputer klien sedangkan proses dan penyimpanan dilakukan pada komputer yang lain yang disebut sebagai Web Server. Program Web Based akan diinstal pada Web Server, ketika Web Server dihubungi oleh Client (Browser) maka Web Server akan menjalankan program yang sudah diinstal, kemudian program memberikan hasilnya kepada Web Server dan Web Server mengirimkan halaman web kepada Browser. Web Server hanya menjadi jembatan bagi program Web Based dengan Browser.

b. Berdasarkan Cara Kerja
1. Bekerja secara Background
Aplikasi Background adalah program yang berjalan di belakang layar dan bekerja tanpa adanya perintah langsung dari pengguna. Biasanya aplikasi background berjalan ketika komputer dinyalakan. Aplikasi yang bekerja secara background misalnya adalah Anti Virus. Pengguna tidak pernah memerintahkan Anti Virus bekerja, tapi ketika ada file bervirus berada dalam folder yang sedang dibuka pengguna, otomatis Anti Virus akan menangkap dan menghapusnya. Program Anti Virus akan dimatikan ketika komputer dimatikan.
2. Bekerja di Depan Layar
Aplikasi ini bekerja karena diperintahkan oleh pengguna misal Microsoft Word.

c. Berdasarkan Cara Mendapatkannya
1. Komersial
Perangkat lunak yang harus dibeli, Ada hak cipta dari pembuat aplikasi. Misal Microsoft Windows.
2. Domain-publik
Perangkat lunak bersifat gratis dan tidak ada hak cipta.
3. Shareware
Gratis untuk dipergunakan tapi terkadang meminta donasi. Misal BitTorrent.
4. Freeware
Perangkat lunak yang dipergunakan tanpa membayar sama sekali.
5. RentalWare
Perangkat lunak yang disewakan untuk jangka waktu tertentu.
6. Free Software
Perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber dapat dipergunakan oleh siapa saja dan gratis.
7. OpenSource
Perangkat lunak yang kode sumbernya harus dibuka, gratis dan jika dikembangkan harus dengan kode sumbernya. Misal adalah Linux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar